Posted by : Nano Gamers Admin Senin, 02 September 2013


Kamu tentu tahu kan game yang satu ini? Minesweeper. Game yang tidak perlu diinstal dan game yang sudah ada sejak komputer mu pertama kali dinyalakan, dengan syarat kamu pengguna Windows. 

Kamu pasti pernah donk mencoba bermain game ini. Apa? Kamu tidak pernah? Ah, kamu pasti bercanda. Bagi beberapa orang, Minesweeper dianggap game yang sulit. Sebenarnya, untuk bisa bermain berhasil menaklukan game ini, kamu tidak memerlukan skill khusus. Kamu hanya perlu menggunakan logika dan sedikit insting untuk memecahkan game ini. Saya akan memberikan teknik-teknik bermain game ini. Check it out!
 

Starting

Awal permainan akan tampak seperti dibawah ini. Saya menggunakan Win 7, hanya grafis nya yang berbeda dari Win XP, gameplay tetap sama.


Jumlah bom seperti gambar diatas, berarti dalam petak permainan hanya ada total 10 bom yang tersebar pada petak-petak tertentu yang belum kita ketahui.

Waktu tidak terlalu penting. Waktu berguna untuk menghitung seberapa cepat kita memecahkan game atau membandingkan kecepatan kita dengan orang lain atau kecepatan kita terdahulu.

Let's Play

Saya mulai gamenya dengan menekan salah satu petak di bagian kanan bawah. Ternyata, banyak petak yang terbuka. Jangan mengikuti langkah saya lho, kan setiap game akan berbeda.


Mungkin kamu bingung, apa sih arti dari setiap angka-angka yang tertera pada petak-petak yang terbuka itu. Dulu, saat saya pertama kali bermain game ini, saya mengira kalau semakin banyak nilai angkanya berarti kita semakin dekat dengan bom. Ternyata, bukan begitu penjelasan yang tepat.

Petak-petak yang kosong menandakan petak-petak disekitarnya tidak terdapat bom. Nah, kalau petak yang berangka, lihat contoh di bawah ini.

Contoh:
Tertera angka satu di satu petak seperti gambar di samping kiri. Itu berarti hanya ada 1 bom yang terletak di salah satu petak diantara 8 petak yang ada di sekitar petak berangka 1. Ingat hanya ada 1 bom!


Tapi, tergantung angkanya juga, kalau di petak itu tertera angka 2, berarti ada 2 bom di sekitarnya.

Lalu, bagaimana kita mengetahui dimana letak bomnya? Apa kita harus menebak? Terkadang iya, tapi bisa juga tidak.

Teknik

Ayo kita lanjutkan permainannya!


Kebetulan dan memang sering terjadi, kita mendapatkan petunjuk. Petak berangka 1 yang dikotakan hijau merupakan petunjuknya. Kalau kita lihat, petak-petak di sekitar petak berangka 1 itu sudah  terbuka, kecuali 1 petak yaitu di sebelah kiri atas, yaitu yang diberi tanda seru.

Sudah pasti kotak yang bertanda seru itu berisi ranjau. Kenapa? Ingat, karena petunjuknya berangka 1, sudah pasti di salah satu petak di sekitarnya terdapat bom, sedangkan disana hanya ada 1 petak yang masih tertutup.

Kita sudah tahu letak bomnya. Sekarang kita lihat petak di sebalah atas dan sebelah kiri dari petunjuk awal. Kedua petak itu berangka 1, apa artinya? Artinya, di sekitar kedua petak itu hanya ada 1 bom.


Apa kamu tahu, angka 1 di kedua petak itu merujuk kemana? Yap, ke petak dimana kita sudah menduga disana ada bom.


Agar mudah menjelaskannya, saya beri nama beberapa petak, ada A1, A2, B1, dst. Lihat pada gambar, petak A2 dan B2 bertuliskan "Impossible", karena memang kedua petak itu sudah tidak mungkin ada bom.

Kenapa tidak mungkin? Karena petak A1 merujuk pada bomb di kotak C, sedangkan petak A2 masih termasuk daerah sekitar petak A1. Ingat syaratnya, kalau suatu petak tertera angka 1 berarti di sekitarnya hanya ada 1 bom. Kita sudah tahu 1 bom itu merujuk ke petak C, berarti petak A2 steril dari bom. Bagaimana dengan kotak B2? Sama saja penjelasannya.

Sudah paham? Sip, ayo kita lanjutkan.


Untuk memudahkan lagi, saya beri nama petak-petaknya. Sekarang kita lihat petak A1 tertera angka 2, artinya ada 2 bom di sekitarnya. 1 bom ada di petak C, dan 1 lagi dimana? Nah, tadi kita sudah tahu bahwa petak A3 steril dari bom. Lalu, dimana bom yang satu lagi? Sudah pasti ada di petak A2.

Begitulah, tekniknya. Jadi, intinya kita menggunakan logika untuk memecahkan game ini. Angka-angka yang tertera di setiap petak menjadi petunjuknya.

"Kalau disitu ada bom, lalu disini angkanya segini, berarti bom yang satu ada disini, sedangkan petak yang ini steril," Begitulah logikanya.

Tips-Tips


Oh iya, tadi saya sudah bilang akan menjelaskan apa gunanya kita mengetahui jumlah bom pada arena permainan.

Cara menggunakannya, kamu bisa menandai petak yang sudah pasti berisi bom dengan mengklik kanan pada petak itu. Nah, nanti akan muncul bendera berwarna merah pada petak itu, dan lihat jumlah bom yang tertera berkurang.

Tapi ingat, kamu harus yakin dulu kalau di petak itu benar-benar ada bom, kalau tidak ya tidak ngaruh apa-apa sih sebenarnya, hanya saja suatu saat kamu bisa dibuat bingung. Kalau belum yakin, lebih baik kamu mengklik kanan sekali lagi ke petak yang berbendera itu, nanti akan menjadi tanda tanya.

Success!

Bagaimana sobat gamer? Sudah paham tekniknya, mudah kan? Sangat mudah pastinya. Permainan ini hanya membutuhkan logika sederhana sebenarnya, tapi banyak orang yang tidak mengerti cara bermainnya, oleh karena itu sering dianggap sulit.

Beginilah, score akhir saya setelah bermain Minesweeper sebentar di tengah-tengah menulis posting ini.


Hayo sobat gamer, saya menantang kamu untuk memenangkan game ini dengan tingkat kesulitan tertinggi dalam waktu secepat-cepatnya. Ajak juga teman mu bermain game ini dan bandingkan kecepatan kalian.

Ryan-Z

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Search Something

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

Hot Games

Blogger news

Play Station

Blogger templates

- Copyright © Nano Gamers -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -